Wednesday, November 28, 2012

Alat pemuas kebutuhan manusia

Alat pemuas kebutuhan manusia dapat berupa barang dan jasa.
a.    Berdasarkan kelangkaannya
1.    barang ekonomi, merupakan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan biasa. Contoh: buku tulis, pensil.
2.    barang bebas, merupakan alat pemuas kebutuhan yang tersedia secara berlimpah dan setiap orang dapat memperolehnya dengan bebas sehingga untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan (biaya). Contoh: air, udara.
3.    barang illith, adalah barang yang jumlahnya berlebihan sehingga dapat merugikan manusia dan harus dikurangi jumlahnya. Contoh: api saat kebakaran, air saat banjir.

b.    Berdasarkan fungsi hubungan pemakaian dengan barang lain
1.    barang substitusi, merupakan barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan dengan barang lain. Contoh: sepatu menggantikan sandal, gas menggantikan minyak tanah.
2.    barang komplementer, merupakan barang yang penggunaannya saling melengkapi. Contoh: jarum dan benang, kaus kaki dan sepatu.

c.    Berdasarkan tujuan penggunaannya
1.    barang konsumsi, merupakan barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: nasi, pakaian.
2.    barang produksi, merupakan barang yang memerlukan proses produksi lebih lanjut untuk dapat digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Contoh: kayu, benang.

d.    Berdasarkan proses pembuatannya
1.    barang mentah, merupakan barang yang perlu diolah lebih lanjut agar dapat menjadi barang setengah jadi. Contoh: kapas untuk dibuat benang, beras dibuat tepung.
2.    barang setengah jadi, merupakan barang yang sudah melalui proses produksi, tetapi untuk dapat dikonsumsi harus melalui proses produksi selanjutnya. Contoh: kain untuk baju, tepung beras untuk dibuat bubur.
3.    barang jadi, merupakan barang yang sudah siap untuk dikonsumsi. Contoh: lemari, mobil.

e.    Berdasarkan kegunannya untuk jaminan kredit
1.    barang bergerak, merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka pendek. Contoh: BPKB, perhiasan, dan komputer.
2.    barang tidak bergerak, merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka panjang. Contoh: tanah, bangunan.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/


No comments:

Post a Comment