Tuesday, November 20, 2012

Memperbesar dan memperkecil peta

Peta dapat ditampilkan dalam berbagai ukuran baik besar maupun kecil. Hal itu tergantung pada besarnya skala. Mengubah ukuran peta berarti sekaligus mengubah skala peta. Misalnya sebuah peta dengan skala 1 : 200.000 akan diperbesar dua kali. Jadi, skala peta hasil pembesaran adalah 1 : 100.000. peta dengan skala lebih besar akan dapat menampilkan kenampakan lebih detail, tetapi cakupan wilayahnya lebih sempit. Sementara itu, peta dengan skala kecil kenampakan yang ditampilkan tidak terlalu detail, tetapi mencakup wilayah yang luas.
Memperbesar maupun memperkecil peta dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
1.    Menggunakan sistem grid
Cara untuk memperbesar dan memperkecil peta dengan sistem grid dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Siapkan peta yang akan diubah ukurannya, baik diperbesar maupun diperkecil
b.    Buatlah garis vertikal dan horizontal dengan jarak yang sama pada peta
c.    Siapkan kertas gambar. Buatlah grid atau garis pada kertas gambar tersebut. Ukuran grid disesuaikan dengan pembesaran maupun pengecilan peta. Ukuran grid diperbesar apabila akan memperbesar peta. Ukuran grid diperkecil apabila akan memperkecil peta.
d.    Gambarlah detail-detail kenampakan pada peta yang akan disalin pada kertas gambar.
e.    Lengkapilah peta buatanmu dengan simbol-simbol dan keterangan gambar.

2.    Dengan alat pantograf
Pantograf adalah alat yang digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil peta. Pantograf memiliki prinsip kerja berdasarkan jajaran genjang. Tiga dari empat sisi jajaran genjang mempunyai skala faktor sama. Skala pada ketiga sisi dapat diperbesar maupun diperkecil.

3.    Menggunakan mesin fotokopi
Alat fotokopi merupakan alat yang paling mudah untuk memperbesar maupun memperkecil peta. Yang perlu diperhatikan dalam pengubahan ukuran dengan mesin fotokopi adalah perubahan skalanya. Skala grafik akan lebih memudahkan penghitungan skala pada peta hasil pembesaran maupun pengecilan.

Kunjugi juga: http://matakristal.com/

No comments:

Post a Comment