Wednesday, November 21, 2012

Pengertian globe

Globe adalah tiruan bumi. Globe dapat menggambarkan kenampakan di permukaan bumi sesuai dengan bentuk aslinya. Globe memiliki arah kemiringan yang sama dengan bumi, yaitu 23,5 derajat dari matahari.

Beberapa bagian dari globe yang dapat kita amati adalah sebagai berikut:
a.    Garis lintang
Garis lintang pada globe sama dengan garis lintang pada peta. Garis lintang membagi permukaan bumi menjadi dua bagian yang sama pada garis ekuator, yaitu bagian utara dan selatan. Dari kutub utara hingga garis ekuator termasuk garis lintang utara. Dari kutub selatan hingga garis ekuator termasuk garis lintang selatan.

b.    Garis bujur
Garis bujur membagi permukaan bumi menjadi dua, yaitu bagian barat dan timur. Garis bujur membagi dua bagian yang sama pada garis 0 derajat dan 180 derajat menjadi bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis bujur 0 derajat digambar melalui kota Greenwich dan disebut sebagai meridian utama. Garis bujur 180 derajat berimpit di Samudra Pasifik.

c.    Kutub utara dan kutub selatan
Kutub utara dan kutub selatan tergambar lebih jelas pada globe. Kutub-kutub ini terdapat di ujung utara dan selatan bumi. Pada globe agak sulit untuk menentukan arah utara. Arah utara yang ditunjukkan oleh kompas bukanlah arah utara sebenarnya. Arah ini menunjukkan suatu daerah di Kanada. Sementara itu, arah utara sebenarnya adalah kutub utara di atas bumi, di tengah-tengah Samudra Arktik.

Manfaat globe antara lain sebagai berikut:
a.    Menunjukkan lokasi suatu wilayah
b.    Berdasarkan letak lintangnya dapat digunakan untuk menentukan iklim di suatu wilayah
c.    Garis bujur digunakan untuk mengetahui perbedaan waktu di bumi
d.    Globe digunakan untuk memperagakan proses terjadinya rotasi bumi
e.    Globe digunakan untuk memperagakan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

No comments:

Post a Comment