Wednesday, December 26, 2012

Alat perkembangbiakan pada hewan

Hewan mempunyai alat perkembangbiakan yang berupa alat pembiakan betina dan alat pembiakan jantan. Sedangkan alat pembiakan tersebut umumnya terletak pada hewan betina dan hewan jantan. Tetapi ada juga yang mempunyai alat kelamin jantan dan kelamin betina dalam satu hewan, itu terjadi pada cacing tanah dan bekicot. Jadi satunya kelamin jantan dengan betina dalam satu binatang itu dinamakan hermaprodit.

Sedangkan proses yang terjadi pada hewan hermaprodit itu dilakukan dengan melalui perkawinan silang untuk mendapatkan keturunan yang baru. Perkawinan silang itu merupakan saling tukar menukar sperma antara hewan yang jantan dengan hewan betina atau saling membuahi hewan jantan dengan hewan betina.

1. Alat kelamin jantan
Pada alat kelamin jantan terbagi menjadi dua bagian, yaitu alat penyalur sperma dan alat penghasil sperma.

2. Alat kelamin betina
Pada alat kelamin betina terbagi menjadi dua bagian, yaitu:
-    alat saluran telur (oviduk)
-    alat penghasil telur (ovarium).

Proses terjadinya pembuahan pada hewan
Hewan mengalami proses pembuahan bila sperma berbaur diri pada inti sel telur dan sel telur yang dibuahi dinamakan zygot.

Sedangkan pembuahan dapat terjadi dengan:
1. Pembuahan di luar tubuh induk betina
Di mana hewan betina mengeluarkan telur yang telah masak dan jantan juga mengeluarkan sperma diatasnya sel telur sehingga terjadi pembuahan. Contoh: ikan, katak.

2. Pembuahan di dalam tubuh induk betina
Di mana hewan jantan memasukkan sperma ke dalam tubuh betina, hingga inti sperma membaur diri dengan inti sel telur di dalam tubuh betina dan akhirnya terjadi pembuahan. Contoh: sapi, kambing.

No comments:

Post a Comment