Friday, November 30, 2012

Pertanian

Kegiatan pertanian merupakan kegiatan mengolah lahan untuk bercocok tanam dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan. Pengolahan lahan untuk pertanian memunculkan berbagai penggunaan lahan yang mencirikan jenis kegiatan pertanian.

Kegiatan-kegiatan yang termasuk dalam bidang pertanian adalah sebagai berikut.
a.    Pertanian tanaman pangan dan hortikultura
Pertanian tanaman pangan dan hortikultura mempunyai ciri jenis tanaman yang diusahakan adalah tanaman pangan atau tanaman bahan makanan pokok. Lahan pertanian yang diusahakan relatif sempit.
Bentuk penggunaan lahan dari jenis pertanian ini antara lain sawah irigasi, tadah hujan, pasang surut, lebak, dan tegalan.

b.    Perkebunan
Perkebunan merupakan lahan pertanian yang umumnya ditanami cokelat, cengkih, kelapa, kelapa sawit, kapas, karet, kopi, lada, tebu, teh, dan tembakau. Tanaman perkebunan dibagi menjadi dua jenis, yaitu perkebunan tanaman semusim dan perkebunan tanaman tahunan. Perkebunan tanaman semusim ditanami makanan sekali panen, seperti tanaman tembakau dan tebu. Perkebunan tanaman tahunan ditanami tanaman yang hidup bertahun-tahun, seperti tanaman karet, kopi, teh, kelapa, dan kelapa sawit.

c.    Peternakan
Peternakan merupakan usaha pemeliharaan ternak yang diambil manfaatnya untuk berbagai keperluan. Ciri-ciri peternakan di Indonesia antara lain masih menggunakan teknologi sederhana dan jumlah hewan ternak yang diusahakan relatif sedikit.
Usaha peternakan di Indonesia dapat digolongkan menjadi tiga macam, yaitu peternakan hewan besar, hewan kecil, dan unggas.

d.    Perikanan
Perikanan merupakan usaha pemeliharaan, pengembangbiakan, penangkapan atau pengambilan, dan pemanfaatan hasil ikan serta biota (tumbuhan dan hewan) air lainnya. Berdasarkan tempat pengusahaannya, usaha perikanan dapat dibedakan menjadi perikanan darat dan laut.

e.    Kehutanan
Hutan merupakan suatu kesatuan ekosistem yang berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan. Secara garis besar hutan dibagi menjadi tiga menurut daerahnya, yaitu hutan di daerah panas, di daerah beriklim sedang, dan di daerah dingin. Hasil hutan yang banyak dimanfaatkan antara lain kayu, rotan, dan berbagai jenis hewan buruan.

Thursday, November 29, 2012

Pengertian koperasi

Istilah koperasi berasal dari bahasa Inggris, Cooperation. Istilah cooperation berasal dari dua kata: co yang artinya bersama dan operation yang artinya usaha. Jadi, secara harfiah cooperation (yang kemudian dibekukan ke dalam bahasa Indonesia menjadi koperasi) mengandung arti sebagai usaha bersama.

Berdasarkan Undang-undang No. 25 tahun 1992 tentang perkoperasian (sebagai pengganti Undang-undang No. 12 tahun 1967 tentang pokok-pokok perkoperasian Indonesia), koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang atau seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan.

Dari pengertian koperasi menurut UU No. 25 tahun 1992 tersebut, maka dapat dijelaskan sebagai berikut:
a.    Koperasi sebagai badan usaha, artinya koperasi dapat mengelola berbagai unit usaha yang bertujuan untuk memperoleh keuntungan dalam upaya meningkatkan sisa hasil usaha (SHU).
b.    Koperasi yang beranggotakan orang seorang adalah koperasi primer.
c.    Koperasi yang beranggotakan badan hukum koperasi adalah koperasi sekunder misalnya koperasi pusat beranggotakan koperasi primer, koperasi gabungan beranggotakan koperasi-koperasi pusat, sedangkan koperasi induk beranggotakan koperasi-koperasi gabungan.
d.    Beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi, juga berarti bahwa koperasi bukan kumpulan modal seperti CV, Firma, maupun PT. Walaupun sama-sama bertujuan untuk memperoleh keuntungan, tetapi koperasi harus juga mengutamakan pelayanan dan kepentingan anggota.
e.    Gerakan ekonomi rakyat artinya bahwa koperasi merupakan modal orang-orang yang berekonomi lemah untuk menghimpun diri dan melakukan usaha bersama agar tidak ketinggalan dengan mereka yang berekonomi kuat.
f.    Asas kekeluargaan artinya usaha bersama itu dijalin oleh rasa penuh pengertian, saling membantu diantara anggotan dalam wadah organisasi yang dipimpin pengurus.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/


Wednesday, November 28, 2012

Pengertian kebutuhan

Kebutuhan hidup tiap manusia tidak sama, kebutuhan tersebut tergantung pada tingkat pendapatan, lingkungan lingkungan hidup, pendidikan, adat istiadat, dan agama. Kebutuhan adalah keinginan manusia yang harus dipenuhi. Kebutuhan manusia atau masyarakat selalu bertambah. Ada beberapa faktor pendorong bertambahnya kebutuhan masyarakat antara lain sebagai berikut:
1.    kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
2.    pertambahan penduduk
3.    dinamika kebudayaan
4.    peningkatan iman dan takwa.

Macam-macam kebutuhan manusia
Pada dasarnya, kebutuhan manusia dapat digolongkan sebagai berikut:
1.    Kebutuhan menurut tingkat kepentingannya (intensitas)
a.    Kebutuhan primer, merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi agar kelangsungan hidup manusia tidak terganggu. Contoh: makanan, pakaian, rumah.
b.    Kebutuhan sekunder, merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Contoh: sepeda motor, radio.
c.    Kebutuhan tersier, merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan setelah pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder. Contoh: perhiasan, mobil mewah.

2.    Kebutuhan menurut waktunya
a.    Kebutuhan sekarang, yaitu kebutuhan yang harus segera dipenuhi. Contoh: obat bagi orang sakit, makan saat lapar.
b.    Kebutuhan masa depan, yaitu kebutuhan yang pemenuhannya dilakukan untuk waktu yang akan datang. Contoh: menabung untuk naik haji, asuransi pendidikan anak.

3.    Kebutuhan menurut sifatnya
a.    Kebutuhan jasmani, adalah kebutuhan yang sifatnya fisik atau material. Contoh: makan, minum.
b.    Kebutuhan rohani, adalah kebutuhan yang erat hubungannya dengan rohani dan sifatnya tidak berwujud. Contoh: agama, hiburan, pendidikan.

4.    Kebutuhan menurut subjeknya
a.    Kebutuhan individu (perorangan), adalah kebutuhan yang hanya diperlukan oleh orang atau individu. Contoh: cangkul bagi petani, stetoskop bagi dokter.
b.    Kebutuhan sosial (masyarakat), adalah kebutuhan kelompok yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sosial masyarakat. Contoh: jalan raya, pasar, sekolah, rumah sakit.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Alat pemuas kebutuhan manusia

Alat pemuas kebutuhan manusia dapat berupa barang dan jasa.
a.    Berdasarkan kelangkaannya
1.    barang ekonomi, merupakan alat pemuas kebutuhan yang jumlahnya terbatas dan untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan biasa. Contoh: buku tulis, pensil.
2.    barang bebas, merupakan alat pemuas kebutuhan yang tersedia secara berlimpah dan setiap orang dapat memperolehnya dengan bebas sehingga untuk memperolehnya tidak memerlukan pengorbanan (biaya). Contoh: air, udara.
3.    barang illith, adalah barang yang jumlahnya berlebihan sehingga dapat merugikan manusia dan harus dikurangi jumlahnya. Contoh: api saat kebakaran, air saat banjir.

b.    Berdasarkan fungsi hubungan pemakaian dengan barang lain
1.    barang substitusi, merupakan barang yang penggunaannya dapat saling menggantikan dengan barang lain. Contoh: sepatu menggantikan sandal, gas menggantikan minyak tanah.
2.    barang komplementer, merupakan barang yang penggunaannya saling melengkapi. Contoh: jarum dan benang, kaus kaki dan sepatu.

c.    Berdasarkan tujuan penggunaannya
1.    barang konsumsi, merupakan barang yang dapat digunakan secara langsung untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contoh: nasi, pakaian.
2.    barang produksi, merupakan barang yang memerlukan proses produksi lebih lanjut untuk dapat digunakan sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia. Contoh: kayu, benang.

d.    Berdasarkan proses pembuatannya
1.    barang mentah, merupakan barang yang perlu diolah lebih lanjut agar dapat menjadi barang setengah jadi. Contoh: kapas untuk dibuat benang, beras dibuat tepung.
2.    barang setengah jadi, merupakan barang yang sudah melalui proses produksi, tetapi untuk dapat dikonsumsi harus melalui proses produksi selanjutnya. Contoh: kain untuk baju, tepung beras untuk dibuat bubur.
3.    barang jadi, merupakan barang yang sudah siap untuk dikonsumsi. Contoh: lemari, mobil.

e.    Berdasarkan kegunannya untuk jaminan kredit
1.    barang bergerak, merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka pendek. Contoh: BPKB, perhiasan, dan komputer.
2.    barang tidak bergerak, merupakan barang yang dapat dijadikan jaminan untuk mendapatkan kredit dalam jangka panjang. Contoh: tanah, bangunan.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/


Tuesday, November 27, 2012

Peranan dan tujuan tiga sektor usaha formal

Negara kita menganut sistem ekonomi kerakyatan. Dalam sistem ekonomi kerakyatan itu terdapat pilar-pilar ekonomi sebagai penyangganya. Pilar-pilar ekonomi sebagai penyangga sistem demokrasi ekonomi dapat dikelompokkan ke dalam sektor usaha formal dan sektor usaha informal. Suatu kegiatan usaha dapat dikelompokkan ke dalam sektor usaha formal jika kegiatan itu memiliki izin usaha dan memiliki bentuk organisasi perusahaan yang jelas sesuai dengan ketentuan hukum yang ada. Dalam sistem ekonomi kerakyatan, negara mengakui hak milik perorangan. Begitu juga kegiatan ekonomi swasta didorong untuk tumbuh dan berkembang agar dapat ikut serta menciptakan kesejahteraan rakyat. Kesejahteraan rakyat bukan hanya kemakmuran individu atau perorangan. Sektor usaha formal dalam sistem ekonomi kerakyatan meliputi Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Swasta (BUMS), dan koperasi.

1.    Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
Memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.    Pemilik modal mayoritas adalah negara (pemerintah pusat atau daerah)
b.    Tujuan usahanya untuk menciptakan kemakmuran masyarakat
c.    Bidang usahanya adalah sektor-sektor yang vital atau strategis

2.    Badan Usaha Milik Swasta (BUMS)
a.    Pemilik modal mayoritas adalah individu
b.    Tujuan usahanya adalah untuk menciptakan kemakmuran bagi pemilik modal, berupa laba atau keuntungan
c.    Bidang usahanya tidak menguasai hajat hidup orang banyak

3.    Koperasi
a.    Pemiliknya adalah semua anggota koperasi
b.    Tujuan usahanya untuk kemakmuran anggota
c.    Bidang usahanya sesuai dengan kebutuhan anggota.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Landasan dan asas koperasi

Landasan dan asas koperasi diatur di dalam pasal 2 Undang-undang No. 25 tahun 1992 yang berbunyi “Koperasi berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 serta berdasarkan atas asas kekeluargaan.”
Selain landasan idiil Pancasila juga landasan konstitusional UUD 1945. Landasan gerak yaitu pasal 33 ayat 1 UUD 1945. Landasan mental yaitu setia kawan dan kesadaran pribadi.
Asas koperasi adalah kekeluargaan, artinya sebagai berikut:
a.    Adanya kesadaran dari hati nurani manusia untuk mengerjakan segala sesuatu dalam koperasi atas dasar semua untuk semua, di bawah pimpinan pengurus
b.    Pemilihan dari para anggota atas dasar keadilan dan kebenaran serta keberanian berkorban untuk kepentingan bersama.
Sifat kekeluargaan da kegotongroyongan sudah merupakan ciri-ciri kepribadian bangsa Indonesia sejak zaman nenek moyang.

Perbedaan antara gotong royong tradisional dengan koperasi
Gotong royong tradisional
1.    Bersifat tradisional statis
2.    Merupakan adat kebiasaan dalam masyarakat
3.    Kegiatannya hanya sesaat bila dibutuhkan dan setelah selesai bubar
4.    Tidak terorganisir maka tidak menggunakan administrasi
5.    Menggunakan tenaga manusia dengan peralatan yang sederhana
6.    Tidak ada pemiliknya
7.    Tidak memerlukan keahlian.

Koperasi
1.    Bersifat modern dan dinamis
2.    Adanya karena prakarsa anggota
3.    Kegiatan usahanya tetap terencana, teratur, dan dilaksanakan terus menerus
4.    Dalam wadah organisasi dan administrasi yang modern dan teratur
5.    Selain menggunakan tenaga manusia yang terdidik juga faktor-faktor produksi lainnya
6.    Ada pemiliknya, yaitu anggota
7.    Memerlukan keahlian, maka perlu adanya pendidikan.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Monday, November 26, 2012

Fungsi dan peran koperasi serta prinsip koperasi

Empat macam fungsi dan peran koperasi disebutkan pada pasal 4 UU No. 25 tahun 1992 sebagai berikut:
a.    Membangun dan mengembangkan produksi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya
b.    Berperan secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat
c.    Memperkukuh perekonomian rakyat sebagai dasar dan ketahanan perekonomian nasional dengan koperasi sebagai soko gurunya
d.    Berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi

Prinsip koperasi
Arti prinsip yaitu suatu kebenaran yang menjadi pedoman kerja bagi koperasi dan landasan kegiatan bagi koperasi. Di dalam kegiatannya, koperasi berpedoman pada prinsip koperasi yang disebutkan pada pasal 5 UU No. 25 tahun 1992 sebagai berikut:
a.    Keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka
b.    Pengelolaannya dilakukan secara demokratis
c.    Pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan jasa usaha masing-masing anggota
d.    Pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal
e.    Kemandirian dalam pengembangan koperasi maka melaksanakan prinsip koperasi sebagai berikut:
1.    Pendidikan koperasi
2.    Kerja sama antarkoperasi

Prinsip-prinsip koperasi tersebut merupakan landasan dalam melaksanakan kegiatan. Prinsip-prinsip koperasi itu pula yang membedakan antara badan usaha koperasi dengan badan usaha yang lain. Sehingga koperasi memiliki ciri dan keunikannya sendiri.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Sumber daya modal

Sumber daya modal meliputi teknologi, peralatan, informasi, dan fasilitas fisik. Sumber daya modal merupakan hasil karya manusia. Modal dapat dikelompokkan menjadi sebagai berikut:
1.    Menurut wujudnya, modal dikelompokkan sebagai berikut:
a.    Uang, merupakan dana yang dapat dipergunakan untuk membeli sarana, alat, dan bahan yang dipergunakan dalam produksi.
b.    Barang merupakan alat yang digunakan untuk proses produksi. Contoh: tanah, gedung, mesin, dan alat transportasi.

2.    Menurut sifatnya, modal dikelompokkan sebagai berikut:
a.    Modal tetap, adalah modal yang dapat digunakan lebih dari satu kali masa produksi. Contoh: gedung dan mesin.
b.    Modal lancar, adalah modal yang hanya sekali dipakai dalam proses produksi langsung habis. Contohnya bahan baku seperti kapas untuk membuat kain, gandum untuk membuat kue, dan sebagainya.

3.    Menurut subjeknya, modal dikelompokkan sebagai berikut:
a.    Modal perorangan, merupakan modal yang dimiliki oleh satu orang. Contoh: sewa tanah, upah, dan bunga deposito.
b.    Modal kemasyarakatan, merupakan modal yang berasal dari banyak orang dan untuk kepentingan orang banyak. Contoh: jalan, jembatan, dan sekolah.

4.    Menurut bentuknya, modal dikelompokkan sebagai berikut:
a.    Modal konkret (nyata), merupakan modal yang terlihat jelas dalam proses produksi. Contoh: mesin, peralatan, dan uang.
b.    Modal abstrak, merupakan modal yang tidak terlihat namun kegunaannya dapat dirasakan. Contoh: keahlian dan kepercayaan masyarakat.

5.    Menurut sumbernya, modal dikelompokkan sebagai berikut:
a.    Modal sendiri, merupakan modal yang berasal dari pemilik perusahaan. Contoh: saham cadangan dan laba yang tidak dibagi.
b.    Modal pinjaman, merupakan modal yang diperoleh dari pihak lain. Contoh: pinjaman dari lembaga keuangan atau perorangan.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Sunday, November 25, 2012

Hubungan kondisi geografis dengan kondisi penduduk

Kondisi geografis mempengaruhi kehidupan penduduk. Kegiatan penduduk di dataran rendah berbeda dengan di dataran tinggi. Begitu juga kegiatan penduduk di daerah pantai berbeda dengan di daerah pegunungan.

Di dataran rendah penduduk umumnya melakukan kegiatan bercocok tanam. Jenis tanaman yang diusahakan adalah tanaman pangans seperti padi, jagung, dan ketela. Selain itu, juga diusahakan tanaman kacang, kedelai, kelapa, tebu, karet, dan buah-buahan.

Di dataran tinggi dan pegunungan penduduk banyak melakukan kegiatan berkebun. Lahan ditanami dengan tanaman teh, kopi, cengkeh, dan sayur-sayuran. Penduduk memanfaatkan lahan miring di dataran tinggi dengan membuat teras-teras (terasering). Selain itu, pegunungan juga dimanfaatkan untuk hasil hutan.

Penduduk di daerah pantai umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka memanfaatkan lautan yang menghasilkan banyak ikan. Selain itu, penduduk pantai dapat membuka tambak untuk memelihara ikan dan udang.

Kehidupan sosial budaya penduduk dipengaruhi oleh kondisi fisik lingkungannya. Penduduk di daerah pantai atau dataran rendah membangun rumah dengan banyak lubang angin (ventilasi) untuk mengurangi udara panas. Mereka juga berpakaian tipis sehingga keringat cepat menguap. Sebaliknya, penduduk di dataran tinggi atau pegunungan berpakaian tebal untuk menahan udara dingin. Mereka membangun rumah dengan sedikit lubang angin. Atap-atap rumah mereka banyak menggunakan bahan seng. Bahkan bila malam hari atau musim dingin tiba penduduk memakai penutup kepala.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Ciri-ciri koperasi Indonesia

Ciri-ciri koperasi Indonesia adalah sebagai berikut:
a.    Merupakan kumpulan orang-orang dan bukan kumpulan pengaruh penggunaan modal tidak boleh mengurangi dan mengaburkan pengertian koperasi.
b.    Merupakan wadah demokrasi ekonomi. Para anggota berusaha bersama berdasarkan persamaan derajat, hak, dan kewajiban, maka koperasi harus diatur dan diurusi sesuai dengan keinginan anggota. Kekuasaan tertinggi dalam koperasi terletak pada rapat anggota.
c.    Merupakan badan usaha. Koperasi bukan sekumpulan orang-orang, tetapi kumpulan orang-orang yang akan melakukan usaha bersama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
d.    Kegiatan koperasi didasarkan atas kesadaran para anggota. Dalam koperasi tidak boleh ada paksaan, ancaman, intimidasi, dan campur tangan dari pihak lain yang tidak ada sangkut pautnya dengan masalah intern koperasi.
e.    Tujuan koperasi benar-benar merupakan kepentingan bersama para anggota. Pencapaian tujuan koperasi berdasarkan karya dan jasa yang disumbangkan para anggota dan besar kecilnya karya dan jasa masing-masing anggota harus tercermin dalam pembagian SHU.
f.    Makna lambang koperasi Indonesia:
1.    gambar gigi roda: melambangkan usaha karya yang terus menerus.
2.    gambar rantai: melambangkan persatuan dan kesatuan.
3.    gambar pohon beringin: melambangkan kemasyarakatan yang berakar kukuh.
4.    gambar padi dan kapas: melambangkan kemakmuran rakyat.
5.    gambar warna merah dan putih melambangkan sifat nasionalis koperasi Indonesia.
6.    tulisan koperasi menunjukkan bahwa lambang tersebut merupakan kepribadian Indonesia.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Wednesday, November 21, 2012

Pengertian globe

Globe adalah tiruan bumi. Globe dapat menggambarkan kenampakan di permukaan bumi sesuai dengan bentuk aslinya. Globe memiliki arah kemiringan yang sama dengan bumi, yaitu 23,5 derajat dari matahari.

Beberapa bagian dari globe yang dapat kita amati adalah sebagai berikut:
a.    Garis lintang
Garis lintang pada globe sama dengan garis lintang pada peta. Garis lintang membagi permukaan bumi menjadi dua bagian yang sama pada garis ekuator, yaitu bagian utara dan selatan. Dari kutub utara hingga garis ekuator termasuk garis lintang utara. Dari kutub selatan hingga garis ekuator termasuk garis lintang selatan.

b.    Garis bujur
Garis bujur membagi permukaan bumi menjadi dua, yaitu bagian barat dan timur. Garis bujur membagi dua bagian yang sama pada garis 0 derajat dan 180 derajat menjadi bujur barat (BB) dan bujur timur (BT). Garis bujur 0 derajat digambar melalui kota Greenwich dan disebut sebagai meridian utama. Garis bujur 180 derajat berimpit di Samudra Pasifik.

c.    Kutub utara dan kutub selatan
Kutub utara dan kutub selatan tergambar lebih jelas pada globe. Kutub-kutub ini terdapat di ujung utara dan selatan bumi. Pada globe agak sulit untuk menentukan arah utara. Arah utara yang ditunjukkan oleh kompas bukanlah arah utara sebenarnya. Arah ini menunjukkan suatu daerah di Kanada. Sementara itu, arah utara sebenarnya adalah kutub utara di atas bumi, di tengah-tengah Samudra Arktik.

Manfaat globe antara lain sebagai berikut:
a.    Menunjukkan lokasi suatu wilayah
b.    Berdasarkan letak lintangnya dapat digunakan untuk menentukan iklim di suatu wilayah
c.    Garis bujur digunakan untuk mengetahui perbedaan waktu di bumi
d.    Globe digunakan untuk memperagakan proses terjadinya rotasi bumi
e.    Globe digunakan untuk memperagakan terjadinya gerhana matahari dan gerhana bulan.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Pengertian atlas

Atlas adalah kumpulan dari peta-peta yang dibukukan. Pemberian nama atlas didasarkan pada kumpulan peta yang dibuat oleh Gerardus Mercator. Pada salah satu halaman buku kumpulan peta tersebut terdapat gambar raksasa yang diberi nama atlas. Sejak saat itu kumpulan dari peta-peta yang dibukukan disebut atlas.
Berdasarkan media penyajiannya, atlas dibedakan sebagai berikut:
1.    Atlas kertas, yaitu atlas yang dibuat secara konvensional yang biasanya disajikan dalam bentuk buku.
2.    Atlas elektronik, adalah kumpulan data digital dari sejumlah peta dengan ilustrasi, informasi, tabel, teks, grafik, sejumlah peta, audio, dan animasi secara penuh dan efektif. Atlas elektronik disajikan dalam bentuk compact disc (CD) atau melalui media internet.

Atlas memiliki fungsi yang sama dengan peta karena atlas merupakan kumpulan dari peta. Atlas merupakan salah satu alat untuk mengenal berbagai tempat di berbagai wilayah, bahkan berbagai belahan dunia. Atlas merupakan sumber informasi geografis, meliputi letak, batas, luas, topografi, persebaran sumber daya alam, dan kondisi sosial ekonomi suatu wilayah.

Kumpulan dari peta yang dibukukan disebut....
a.    Atlas
b.    Kamus
c.    Ensiklopedi
d.    Makalah.

Orang yang pertama kali membuat kumpulan peta dalam bentuk buku adalah...
a.    Nicholas Copernicus
b.    Gerardus Mercator
c.    Ptolomeus
d.    Magelhaens.

Pada awalnya, atlas adalah gambar dari seorang...
a.    Malaikat
b.    Bidadari
c.    Raksasa
d.    Raja.

Atlas yang disajikan dalam bentuk video dikategorikan atlas...
a.    Elektronik
b.    Kertas
c.    Nasional
d.    Pendidikan.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tuesday, November 20, 2012

Pengertian peta

Peta telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Di sekolah-sekolah peta dimanfaatkan untuk membantu kegiatan pembelajaran. Selain itu, peta telah digunakan untuk berbagai hal di bidang pembangunan, pengembangan wilayah, serta pertahanan dan keamanan. Apakah peta itu?

Peta adalah gambaran sebagian atau seluruh permukaan bumi yang digambar pada bidang datar. Peta dibuat dengan skala tertentu dan menggunakan simbol-simbol. Gambaran yang terdapat pada peta merupakan gambaran yang seolah-olah dilihat dari atas

Peta dibuat dari hasil pengukuran, foto udara, dan citra satelit. Orang yang ahli membuat peta disebut kartografer. Sementara itu, ilmu yang mempelajari tentang peta disebut kartografi. Ilmu-ilmu yang mendukung kartografi adalah hidrologi, geografi, matematika, geologi, dan ilmu pendukung lainnya.

Peta terdiri atas beberapa komponen, diantaranya sebagai berikut:
a.    Judul peta. Judul peta menunjukkan informasi yang terdapat pada sebuah peta.
b.    Skala. Skala adalah perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya di lapangan.
c.    Garis lintang dan bujur. Letak absolut dari suatu lokasi yang dipetakan dapat diketahui dari garis lintang dan garis bujur.
d.    Penunjuk arah. Penunjuk arah disebut juga tanda orientasi. Tanda ini sangat penting dicantumkan dalam peta untuk mengetahui arah dari suatu lokasi di peta.
e.    Simbol. Kenampakan yang digambarkan pada peta digambarkan dalam bentuk simbol.
f.    Legenda. Legenda adalah keterangan dari simbol-simbol yang terdapat dalam peta.
g.    Inset. Inset adalah peta kecil dalam peta utama.
h.    Sumber peta dan tahun pembuatan.
i.    Warna peta. Penggunaan warna pada peta merupakan representasi dari kenampakan yang dipetakan. Warna-warna tersebut memiliki arti tertentu.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Memperbesar dan memperkecil peta

Peta dapat ditampilkan dalam berbagai ukuran baik besar maupun kecil. Hal itu tergantung pada besarnya skala. Mengubah ukuran peta berarti sekaligus mengubah skala peta. Misalnya sebuah peta dengan skala 1 : 200.000 akan diperbesar dua kali. Jadi, skala peta hasil pembesaran adalah 1 : 100.000. peta dengan skala lebih besar akan dapat menampilkan kenampakan lebih detail, tetapi cakupan wilayahnya lebih sempit. Sementara itu, peta dengan skala kecil kenampakan yang ditampilkan tidak terlalu detail, tetapi mencakup wilayah yang luas.
Memperbesar maupun memperkecil peta dapat dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:
1.    Menggunakan sistem grid
Cara untuk memperbesar dan memperkecil peta dengan sistem grid dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
a.    Siapkan peta yang akan diubah ukurannya, baik diperbesar maupun diperkecil
b.    Buatlah garis vertikal dan horizontal dengan jarak yang sama pada peta
c.    Siapkan kertas gambar. Buatlah grid atau garis pada kertas gambar tersebut. Ukuran grid disesuaikan dengan pembesaran maupun pengecilan peta. Ukuran grid diperbesar apabila akan memperbesar peta. Ukuran grid diperkecil apabila akan memperkecil peta.
d.    Gambarlah detail-detail kenampakan pada peta yang akan disalin pada kertas gambar.
e.    Lengkapilah peta buatanmu dengan simbol-simbol dan keterangan gambar.

2.    Dengan alat pantograf
Pantograf adalah alat yang digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil peta. Pantograf memiliki prinsip kerja berdasarkan jajaran genjang. Tiga dari empat sisi jajaran genjang mempunyai skala faktor sama. Skala pada ketiga sisi dapat diperbesar maupun diperkecil.

3.    Menggunakan mesin fotokopi
Alat fotokopi merupakan alat yang paling mudah untuk memperbesar maupun memperkecil peta. Yang perlu diperhatikan dalam pengubahan ukuran dengan mesin fotokopi adalah perubahan skalanya. Skala grafik akan lebih memudahkan penghitungan skala pada peta hasil pembesaran maupun pengecilan.

Kunjugi juga: http://matakristal.com/

Monday, November 19, 2012

Jenis peta dan manfaat peta

Peta dapat dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:
a.    Berdasarkan skala yang digunakan, peta dibedakan sebagai berikut:
1.    Peta kadaster dengan skala 1 : 100 – 1 : 5.000
2.    Peta skala besar dengan skala <1 : 5.000 – 1 : 250.000
3.    Peta skala sedang dengan skala <1 : 250.000 – 1 : 500.000
4.    Peta skala kecil dengan skala <1 : 500.000 – 1 : 1.000.000
5.    Peta skala tinjau (geografis) dengan skala <1 : 1.000.000.
b.    Berdasarkan isinya, peta dibedakan sebagai berikut:
1.    Peta dasar, yaitu peta yang digunakan untuk membuat peta lainnya. Peta dasar berisi informasi umum dari suatu daerah yang dipetakan.
2.    Peta topografi, yaitu peta yang menggambarkan kenampakan umum permukaan bumi secara detail.
3.    Peta tematik, yaitu peta yang menampilkan informasi tertentu atau khusus.
c.    Berdasarkan bentuknya, peta dibedakan sebagai berikut:
1.    Peta analog, yaitu peta yang dibuat secara manual pada bidang datar. Peta ini disajikan dalam bentuk peta planimetri dan stereometri.
2.    Peta digital, yaitu peta yang dibuat dengan teknologi komputer.

Manfaat peta antara lain sebagai berikut:
a.    Untuk menunjukkan lokasi suatu wilayah, negara, benua, dan laut di permukaan bumi
b.    Sebagai alat pembelajaran
c.    Menunjukkan berbagai kenampakan alam di permukaan bumi
d.    Sebagai dasar untuk melakukan perencanaan pengembangan wilayah
e.    Di bidang pertahanan dan keamanan untuk mengatur strategi dalam menjaga keamanan wilayah.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Cara membuat peta

Peta tidak hanya menunjukkan lokasi suatu wilayah, tetapi juga dapat digunakan untuk menampilkan informasi secara keruangan. Berbagai objek geografi pun dapat ditampilkan dengan peta. Membuat peta dapat dilakukan dengan pengukuran secara langsung maupun menggunakan peta dasar.

Tahap-tahap membuat peta:
a.    Menentukan daerah yang akan dipetakan
b.    Menyalin peta
c.    Mencari dan mengklasifikasikan data
d.    Membuat simbol data
e.    Menempatkan simbol pada peta dasar
f.    Membuat legenda
g.    Melengkapi peta dengan tulisan.

Untuk membuat peta yang baik, perlu memerhatikan syarat sebagai berikut:
a.    Peta tidak boleh membingungkan
b.    Peta harus mudah dimengerti oleh pemakai atau pembaca peta
c.    Peta harus memberikan gambaran yang sebenarnya sehingga dibuat teliti sesuai dengan tujuannya
d.    Tampilan peta harus menarik, rapih, dan bersih sehingga tidak membosankan pandangan mata.

Penggunaan tulisan pada peta
Peta tidak dapat digunakan bila tidak dilengkapi dengan tulisan. Objek-objek geografis yang ditampilkan para peta perlu ditulisi sesuai nama-namanya. Dalam kenyataan, nama-nama objek geografis pada peta tidak tampak di muka bumi. Para pakar pembuat peta telah menyepakati aturan pembuatan tulisan pada peta. Beberapa contoh aturan pembuatan tulisan pada peta adalah sebagai berikut:
a.    Nama objek geografis ditulis sesuai bahasa dan istilah yang digunakan penduduk setempat.
b.    Nama kota ditulis dengan huruf tegak dan ditempatkan di dekat simbol kota.
c.    Nama jalan ditulis dengan huruf cetak kecil yang tegak dan sejajar dengan jalan.

Pembuatan simbol
Berbagai objek yang ditampilkan dalam peta disajikan dalam bentuk simbol-simbol. Pengguna peta mendapatkan informasi peta melalui simbol-simbol dan keterangan lain pada peta. Simbol-simbol peta dibuat sederhana bentuknya dan bersifat umum agar peta mudah dimengerti. Berdasarkan bentuknya, simbol peta dibedakan menjadi tiga, yaitu:
a.    Simbol titik, digunakan untuk menampilkan tempat atau data posisional lokasi tertentu
b.    Simbol garis, adalah simbol yang menampilkan objek-objek geografis yang keberadaannya di permukaan bumi berbentuk linier atau seperti garis.
c.    Simbol area, digunakan untuk menampilkan kenampakan area yang memiliki luas wilayah tertentu.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Friday, November 16, 2012

Gempa bumi

Gempa bumi merupakan satu dari tiga proses alam endogen yang membentuk permukaan bumi. Gempa bumi atau seisme adalah peristiwa berguncangnya permukaan bumi akibat gerakan bumi secara tiba-tiba sebagai akibat pelepasan tenaga bumi. Guncangan tersebut berasal dari lapisan bumi bagian dalam.

Jenis gempa bumi
Berdasarkan faktor penyebabnya
a.    Gempa tektonik, adalah gempa yang terjadi karena peristiwa tektonik berupa gerakan sepanjang sesar atau retakan pada lapisan kerak bumi. Pada peristiwa ini, kerak bumi berada di sepanjang sisi patahan bergerak melewati daerah sisi patahan lain.
b.    Gempa vulkanik, biasanya terjadi di daerah sekitar gunung api. Gempa vulkanik disebabkan oleh letusan gunung api atau retakan pada struktur gunung api. Peristiwa gempa ini berkaitan erat dengan gerakan magma menuju ke permukaan bumi. Gempa vulkanik terjadi sebelum gunung meletus dan merupakan tanda-tanda sebelum gunung berapi akan meletus.
c.    Gempa runtuhan, terjadi karena runtuhnya massa batuan atau tanah. Seperti atap goa di daerah berbatuan kapur. Gempa runtuhan tersebut terjadi pada daerah kapur yang memiliki curah hujan yang tinggi sehingga mengakibatkan batuan kapur jenus air dan akhirnya runtuh.

Berdasarkan pusat gempa atau hiposentrum
a.    Gempa bumi dangkal, adalah gempa yang terjadi apabila pusat gempanya (hiposentrumnya) berada pada kedalaman kurang dari 100 km di bawah permukaan bumi.
b.    Gempa bumi menengah, adalah gempa yang terjadi apabila pusat gempanya (hiposentrumnya) berada pada kedalaman antara 100 km sampai 300 km di bawah permukaan bumi.
c.    Gempa bumi dalam, adalah gempa yang terjadi apabila pusat gempanya (hiposentrumnya) berada pada kedalaman lebih dari 300 km di bawah permukaan bumi.

Berdasarkan intensitasnya
a.    Gempa bumi makroseisme, merupakan gempa bumi dengan intensitas besar.
b.    Gempa bumi mikroseisme, merupakan gempa bumi dengan intensitas kecil.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tenaga endogen

Tenaga endogen adalah tenaga yang bekerja pada lapisan kulit bumi (litosfer) yang berasal dari dalam bumi. Tenaga endogen mengakibatkan terjadinya proses alam endogen. Tenaga endogen meliputi tektonisme, diastropisme, vulkanisme, dan seisme yang bersifat membangun permukaan bumi (konstruktif).

Tektonisme adalah proses alam yang berkaitan dengan gerakan atau pergeseran lapisan kulit bumi (litosfer) yang mendapatkan tekanan kuat. Tektonisme akan membentuk lipatan dan patahan. Proses tektonisme terjadi dalam waktu yang lama dan berlangsung sangat lambat dan sehingga sangat sulit untuk diamati. Kita hanya dapat melihat gejala-gejala yang ditinggalkannya.

Vulkanisme adalah proses alam yang berkaitan dengan aktivitas gunung api. Aktivitas ini dikenal dengan gunung meletus. Proses ini ditandai dengan keluarnya cairan yang panas dan berpijar (magma) serta material-material lainnya.

Seisme atau gempa bumi adalah getaran-getaran yang dirasakan di permukaan bumi yang berasal dari bagian lapisan kulit bumi (litosfer). Gempa yang berkekuatan lemah sulit dirasakan manusia dan tidak banyak menimbulkan kerugian. Namun, gempa yang berkekuatan besar banyak membawa kerusakan dan korban jiwa. Terlebih lagi apabila pusat gempa berada di dasar laut dapat menimbulkan gelombang tsunami.

Hasil bentukan tenaga endogen bersifat membangun permukaan bumi. Lambat laun hasil bentukan tersebut akan dirusak oleh tenaga eksogen, yaitu kekuatan yang berasal dari luar, seperti sinar matahari, air, angin, gletser, dan lain-lain. Contohnya saja gunung yang semula tinggi akan terkikis menjadi lebih rendah. Hasil pengikisan atau erosi tersebut diendapkan di daerah dataran rendah dan dasar laut. Akan tetapi, suatu saat dalam kurun waktu yang relatif lama dasar laut itu akan terangkat kembali oleh tenaga endogen menjadi gunung kembali. demikian seterusnya sehingga permukaan bumi kita selalu bersifat dinamis dengan kenampakan yang saling bergantian.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Thursday, November 15, 2012

Vulkanisme

Vulkanisme adalah gejala alam yang berkaitan dengan proses keluarnya magma ke permukaan bumi melalui sebuah lubang yang disebut pipa kepundan (diatrema). Peristiwa ini disertai letusan yang sangat kuat sehingga mengakibatkan terlemparnya material padat ke udara. Material hasil letusan itu akan bertumpuk di sekitar kawah kepundan membentuk tubuh gunung api yang tingginya terkadang mencapai ribuan meter.

Gunung adalah suatu kawasan yang menjulang ke atas dengan ketinggian lebih dari 620 meter dan lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Permukaan gunung terdiri atas lereng-lereng yang panjang, lembah, ngarai yang dalam dan berpunggung yang sempit serta tinggi, umumnya daerah gunung merupakan daerah yang bersuhu dingin. Selain itu, gunung api terbentuk karena adanya saluran yang menghubungkan magma di dalam perut bumi ke permukaan bumi sehingga magma mencapai permukaan bumi. Material-material yang keluar tersebut berupa lelehan lahar cair dan curahan abu yang padat atau gas.

Lahar dan curah api dimuntahkan pada saat terjadi letusan, sedangkan gas terus-menerus keluar melalui kepundan selama gunung api itu masih aktif. Selain itu, lahar dan curahan api juga membawa senyawa yang mengandung belerang (solfatara) dan uap air (fumarol).

Aktivitas magma terjadi karena adanya magma yang mengandung gas bertekanan tinggi. Gas tersebut berfungsi sebagai sumber tenaga yang bekerja menekan batuan di sekitarnya. Pada lapisan kulit bumi, magma menempati suatu bagian tersendiri yang disebut dapur magma. Besar kecilnya volume dapur magma berpengaruh terhadap lamanya aktivitas gunung api.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Skala Mercalli

Selain skala Richter, adapula skala Mercalli. Berikut skala Mercalli yang telah disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Derajat I
Uraian: getaran tidak dapat dirasakan kecuali dalam keadaan luar biasa oleh beberapa orang.

Derajat II
Getaran dirasakan beberapa orang yang diam, terlebih di rumah tingkat atas. Benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Derajat III
Getaran nyata dirasakan dalam rumah. Kendaraan yang berhenti terasa bergerak seakan-akan ada truk yang lewat. Lamanya dapat diamati.

Derajat IV
Jika terjadi siang hari, banyak orang di dalam rumah dan sedikit orang di luar rumah merasakan getaran. Jika malam hari beberapa orang terbangun. Barang pecah belah dan pintu berderak. Kendaraan yang diparkir bergerak.

Derajat V
Getaran mulai dirasakan oleh hampir semua orang, mereka yang tidur terbangun. Barang-barang pecah belah terpelanting. Tiang, pohon, dan sejenisnya tampak bergoyang kuat. Jarum jam dapat berhenti.

Derajat VI
Kebanyakan orang panik lari keluar karena semua orang merasakan getaran kuat. Kerusakan ringan pada cerobong asap pabrik. Meja kursi bergerak dan plester dinding terlepas.

Derajat VII
Semua orang keluar rumah. Kerusakan ringan sampai sedang pada bangunan yang kuat. Cerobong asap pecah. Terasa oleh orang yang sedang naik kendaraan.

Derajat VIII
Kerusakan pada bangunan yang kuat dengan lubang-lubang retakan. Kerusakan pada bangunan yang tidak kuat. Dinding dapat lepas dari rangka rumah. Cerobong asap dan monumen roboh. Meja kursi terlempar, air menjadi keruh, dan orang naik sepeda motor terganggu.

Derajat IX
Kerusakan pada bangunan yang kuat dan lubang-lubang, rangka rumah bengkok, lokasi rumah bergeser serta pipa dalam tanah putus.

Derajat X
Bangunan rumah dari kayu rusak, kerangka rumah lepas dari pondasi, tanah retak, rel kereta api melengkung, tebing dan tepian sungai longsor serta terjadi banjir.

Derajat XI
Bangunan hanya sedikit yang berdiri, jembatan rusak, tanah retak dan merosot, rel kereta api bengkok, dan pipa dalam tanah rusak seluruhnya.

Derajat XII
Permukaan bumi hancur dan tampak bergelombang. Pemandangan kabur dan benda-benda terlempar ke udara.

Kunjungi juga: http://matakristal.com/

Tuesday, November 13, 2012

Motif ekonomi

Pada umumnya, orang melakukan kegiatan ekonomi karena dorongan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup. Di samping itu, masih ada sebab-sebab lain mengapa orang melakukan kegiatan ekonomi, bahkan ada yang lebih giat daripada yang dilakukan orang lain. Setiap tindakan yang dilakukan manusia dalam usaha memenuhi kebutuhan biasanya didorong oleh alasan tertentu, misalnya sebagai berikut:
1.    seorang petani akan berusaha keras memelihara padinya supaya hasil panen menjadi maksimal
2.    seorang pedagang memberi layanan yang baik, memberi hadiah kepada pembeli supaya menjadi langganan tetapnya
3.    seorang pelajar akan belajar dengan rajin dan tekun supaya bisa menjadi juara kelas.

Berdasarkan permasalahan di atas, dapat disimpulkan bahwa setiap tindakan, kegiatan maupun perbuatan seseorang selalu didorong oleh suatu keinginan. Alasan yang mendorong manusia melakukan tindakan atau perbuatan disebut motif.

Motif ekonomi dalam berbagai aktivitas manusia
Motif ekonomi, yaitu setiap sebab atau alasan yang mendorong seseorang atau badan melakukan perbuatan atau tindakan ekonomi.
Motif tersebut dapat timbul dari:
a. Motif untuk memenuhi kebutuhan sendiri
motif untuk memenuhi kebutuhan sendiri adalah motif yang dimiliki oleh setiap manusia secara pribadi. Dengan arti lain, motif di sini berarti setiap dorongan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang tumbuh dari dalam diri sendiri.

b. Motif untuk memperoleh keuntungan
motif atau dorongan ini merupakan hal yang wajar bagi pengusaha maupun pedagang yang lain untuk mendapat keuntungan besar, dan selanjutnya dapat memperbesar usahanya.

c. Motif untuk memperoleh penghargaan
selain untuk memperoleh keuntungan, manusia juga berusaha agar lebih dihargai an dihormati.

d. Motif untuk mendapat kekuasaan
dalam hal ini kegiatan ekonomi seseorang atau pengusaha yang telah mempunyai kedudukan kuat akan mulai ditujukan agar dapat memegang kekuasaan ekonomi.

e. Motif sosial
dalam hal ini, kegiatan ekonomi seseorang tidak hanya ditujukan untuk kepentingan diri sendiri, tetapi digunakan pula untuk kepentingan masyarakat atau sosial.

f. Motif untuk terjun dalam dunia politik
dalam hal ini, kegiatan ekonomi seseorang bukan lagi diarahkan untuk mencapai kemakmuran, tetapi digunakan sebagai modal untuk terjun ke dalam dunia politik.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Monday, November 12, 2012

Pengertian produksi, konsumsi dan distribusi

Produksi adalah kegiatan yang menciptakan, mengolah, mengupayakan pelayanan, menghasilkan barang dan jasa atau usaha untuk meningkatkan suatu benda agar menjadi lebih berguna bagi kebutuhan manusia. Orang atau badan yang mengolah, menciptakan, dan menghasilkan barang atau jasa disebut sebagai produsen.
Contoh kegiatan produksi:
a.    kegiatan ekstraktif
b.    kegiatan pertanian
c.    kegiatan industri
d.    kegiatan pertambangan
e.    kegiatan jasa.

Konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai, dan menghabiskan barang dan jasa atau dengan kata lain merupakan kegiatan mengurangi atau menghabiskan kegunaan suatu barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan hidup. Orang atau badan yang menggunakan barang dan jasa disebut sebagai konsumen.
Contoh kegiatan konsumsi:
a.    kegiatan makan, minum, berpakaian, dan berkendaraan
b.    kegiatan pertanian: penggunaan pupuk, obat-obatan anti hama
c.    pasien menggunakan jasa dokter.
Barang-barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut sebagai barang konsumsi. Barang-barang semacam ini dapat dibedakan menjadi dua macam:
1.    barang yang hanya dipakai sekali langsung habis
2.    barang yang dapat dipakai beberapa kali.

Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari tempat penghasil barang (produsen) ke tempat pemakai barang (konsumen) dengan cara jual beli. Orang atau badan yang bertugas menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen disebut sebagai distributor.
Tujuan kegiatan distribusi:
a.    menyebarluaskan dan mengusahakan pemerataan hasil produksi kepada konsumen
b.    untuk menjaga kelangsungan hidup kegiatan produksi
c.    untuk usaha peningkatan, pengembangan, dan perluasan produksi.
Tugas distributor dipusatkan pada kegiatan pemasaran barang meliputi berikut ini:
1.    Tugas pokok
-    jual beli
-    mengangkut
-    menyimpan
-    menanggung resiko.
2.    Tugas tambahan
-    menyeleksi
-    mengepak atau mengemas
-    memberi layanan informasi.

Ketiga kegiatan tersebut mempunyai keterkaitan dan ketergantungan. Kegiatan produksi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya tanpa kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi tidak mungkin ada jika tidak ada barang yang diproduksi dan tidak ada yang mengonsumsi barang. Kegiatan konsumsi tidak mungkin ada jika tidak ada barang dan tidak ada yang mendistribusikannya.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Sunday, November 11, 2012

Tindakan ekonomi

Perbuatan manusia setiap hari senantiasa bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Ada yang menjadi pegawai, petani, pedagang, pekerja bangunan, dan lain-lain yang kesemuanya mempunyai tujuan yang sama, yaitu bagaimana kebutuhan hidupnya dapat tercukupi. Semua tindakan atau perbuatan manusia yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya inilah yang disebut sebagai tindakan ekonomi.

Kelangkaan faktor produksi merupakan sumber dari berbagai masalah yang timbul dalam kehidupan ekonomi. Masalah tersebut agar tidak berlarut-larut, pemerintah dan masyarakat harus mengambil tindakan untuk mengatasinya. Misalnya, gejala kenaikan konsumsi bahan bakar sebagai hal yang wajar, sesuai dengan pertambahan penduduk dan meningkatnya kemakmuran masyarakat namun semua itu ada batasnya.

Mengingat keterbatasan sumber minyak bumi, jika peningkatan konsumsi bahan bakar dibiarkan terus menerus, pasti akan timbul masalah, antara lain harga bahan bakar akan meningkat sehingga menambah beban bagi masyarakat, selain itu kandungan minyak bumi akan cepat habis.

Apa tindakan pemerintah dan masyarakat untuk mengatasi masalah tersebut? Pemerintah dapat mengeluarkan peraturan untuk membatasi penggunaan bahan bakar yang bersangkutan atau mendorong produksi bahan bakar lain sebagai pengganti bahan bakar minyak.

Peraturan pemerintah akan berhasil apabila masyarakat mengikuti dengan tindakan nyata. Misalnya, masyarakat secara sadar mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, mengganti kompor minyak dengan tungku briket batu bara, menggunakan sumber tenaga surya, dan lain-lain.

Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya telah banyak dilakukan tindakan ekonomi guna mengatasi keterbatasan sumber daya. Misalnya, penyelenggaraan upacara pernikahan secara sederhana karena keterbatasan sumber dana, perusahaan melakukan mekanisasi untuk mengatasi terbatasnya sumber daya manusia, dan pemerintah membuat waduk untuk mengurangi kekurangan air di musim kemarau.

Tindakan ekonomi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sebagai berikut:
1.    tindakan ekonomi rasional, yaitu setiap tindakan yang dilandasi oleh pilihan yang paling baik dan paling menguntungkan.
2.    tindakan ekonomi irasional, yaitu setiap tindakan menurut perkiraan menguntungkan, tetapi kenyataannya tidak menguntungkan.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Saturday, November 10, 2012

Jenis kebutuhan, jenis benda, sumber daya, kebutuhan manusia

Air bagi orang yang kehausan merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi dan sifatnya mendesak. Pembagian kebutuhan ini termasuk kebutuhan menurut...
a.    waktunya
b.    sifatnya
c.    tingkatannya
d.    intensitasnya.

Adi membeli obat untuk disimpan di kotak obat. Jika melihat waktunya, kebutuhan akan obat tersebut disebut kebutuhan...
a.    primer
b.    sekunder
c.    sekarang
d.    akan datang.

Skema berikut yang merupakan pasangan yang benar adalah...
a.    sinar matahari – benda ekonomis
b.    gedung sekolah – benda tetap
c.    televisi dengan aliran listrik – substitusi
d.    kertas sebagai bahan dasar buku – benda konsumsi.

Perhatikan jenis benda berikut ini!
1)    benda substitusi
2)    benda konsumsi
3)    benda ekonomis
4)    benda komplementer
5)    benda bebas
6)    benda produksi.
Jenis benda menurut kelangkaannya adalah nomor...
a.    1 dan 2
b.    3 dan 5
c.    2 dan 6
d.    3 dan 6.

Menurut sifatnya, kebutuhan manusia terdiri dari...
a.    kebutuhan jasmani dan rohani
b.    kebutuhan primer, sekunder, dan tersier
c.    kebutuhan sekarang dan masa depan
d.    kebutuhan individu dan kolektif.

Apabila kita merasa berbahagia karena bisa membantu kebutuhan orang miskin, berarti kita telah memenuhi kebutuhan...
a.    sekunder
b.    rohani
c.    akan datang
d.    jasmani.

Perhatikan macam-macam kebutuhan berikut ini!
1)    makanan dan pakaian
2)    gedung sekolah
3)    obat-obatan
4)    rumah sakit dan perumahan
5)    mobil mewah
6)    jalan raya.
Kebutuhan yang termasuk kebutuhan bersama adalah yang bernomor...
a.    1, 3, dan 5
b.    2, 4, dan 6
c.    3, 4, dan 5
d.    1, 3, dan 6.

Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)    sifat manusia yang tidak pernah puas
2)    jumlahnya terbatas
3)    letak geografis
4)    pertambahan penduduk
5)    kebudayaan yang semakin maju
6)    sukar memperolehnya.
Pernyataan-pernyataan yang merupakan penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas adalah...
a.    1, 2, dan 3
b.    1, 4, dan 5
c.    2, 3, dan 5
d.    2, 3, dan 6.

Berikut yang termasuk sumber daya alam nonhayati adalah...
a.    barang dagangan
b.    hewan
c.    tumbuh-tumbuhan
d.    hutan.

Golongan kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui adalah...
a.    tumbuh-tumbuhan
b.    hewan
c.    barang dagangan
d.    hutan.

Sumber daya alam yang tidak terbatas adalah...
a.    tanah
b.    barang tambang
c.    air laut
d.    batu kapur.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Friday, November 9, 2012

Kebutuhan manusia, barang dan jasa, makhluk ekonomi

Kebutuhan manusia sangat banyak, bermacam-macam, dan sulit dipenuhi karena...
a.    barang dan jasa adalah barang konsumsi
b.    barang dan jasa adalah barang ekonomi
c.    barang dan jasa tidak terbatas
d.    barang dan jasa sangat terbatas.

Perhatikan pernyataan berikut ini!
1)    mengurangi manfaat benda
2)    tolong menolong
3)    meningkatkan nilai guna barang
4)    tidak pernah puas.
Kegiatan-kegiatan yang mencerminkan fungsi manusia sebagai makhluk ekonomi adalah nomor...
a.    1 dan 2
b.    3 dan 4
c.    1 dan 3
d.    2 dan 3.

Faktor yang menyebabkan perbedaan makanan pokok penduduk asli Sunda dengan penduduk asli Maluku adalah...
a.    fisik
b.    pendidikan
c.    ekonomi
d.    budaya.

Sebagai homo economicus, manusia selalu dianggap bertindak secara...
a.    rasional
b.    tidak rasional
c.    wajar
d.    manusiawi.

Perhatikan data di bawah ini!
1)    mengoptimalkan tujuan dalam perilaku ekonomi sehari-hari
2)    memiliki informasi yang setengah-setengah mengenai kehidupan diri pribadinya
3)    selalu bertindak rasional
4)    selalu bertindak sewajarnya.
Pernyataan di atas yang berkaitan dengan manusia sebagai homo economicus adalah nomor...
a.    1 dan 2
b.    2 dan 3
c.    3 dan 4
d.    1 dan 3.

Pak Lurah beserta warganya sedang memperbaiki saluran irigasi, kegiatan tersebut merupakan gambaran dari bentuk kerja sama...
a.    saling menghormati
b.    untuk berkuasa
c.    untuk kepentingan bersama
d.    saling menguntungkan.

Perhatikan jenis benda berikut ini!
1)    benda substitusi
2)    benda konsumsi
3)    benda ekonomis
4)    benda komplementer
5)    benda bebas
6)    benda produksi.
Jenis benda menurut kelangkaannya adalah...
a.    1 dan 2
b.    3 dan 5
c.    2 dan 6
d.    3 dan 6.

Apabila kita merasa berbahagia karena bisa membantu kebutuhan orang miskin berarti telah memenuhi kebutuhan...
a.    sekunder
b.    rohani
c.    akan datang
d.    jasmani.

Golongan kekayaan alam yang tidak dapat diperbarui adalah...
a.    tumbuhan
b.    hewan
c.    barang dagangan
d.    hutan.

Kejadian-kejadian yang timbul dalam usaha manusia memenuhi kebutuhan disebut...
a.    perbuatan ekonomi
b.    peristiwa ekonomi
c.    kegiatan ekonomi
d.    tindakan ekonomi.

Berikut yang merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup adalah...
a.    sinar matahari
b.    air terjun
c.    udara
d.    hewan.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Thursday, November 8, 2012

Kegiatan ekonomi, prinsip ekonomi, tindakan ekonomi

Berikut yang termasuk kegiatan ekonomi yang berlandaskan prinsip ekonomi adalah...
a.    agus membeli buku tulis di koperasi sekolah
b.    yono membeli telur di tetangganya
c.    ibu belanja sayur dengan menawar terlebih dahulu
d.    bapak membeli baju dengan membandingkan kualitasnya.

Kegiatan mengolah tanah dengan bantuan kesuburannya merupakan kegiatan...
a.    pertanian
b.    kehutanan
c.    ekstraktif
d.    industri.

Untuk mempersiapkan SDM yang berkualitas, dengan cara...
a.    memperluas lapangan kerja
b.    meningkatkan mutu pendidikan
c.    memberi modal
d.    mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Sumber daya alam abiotik, artinya sumber daya alam yang...
a.    dapat diperbarui
b.    tidak dapat diperbarui
c.    jumlahnya melimpah
d.    jumlahnya terbatas.

Salah satu usaha pemerintah untuk mengatasi permasalahan tentang SDM adalah...
a.    diangkat menjadi pegawai negeri
b.    diberi santunan
c.    melaksanakan proyek-proyek yang bersifat padat karya
d.    memperbaiki infrastruktur.

Arti bertindak rasional dalam tindakan ekonomi adalah...
a.    berusaha memenuhi seluruh kebutuhan rumah tangganya
b.    penyesuaian pengeluaran dengan kebutuhan rumah tangganya
c.    dapat memilih barang sesuai yang diinginkan
d.    menyesuaikan antara pengeluaran dan pendapatan.

Berikut yang tidak termasuk sumber daya adalah...
a.    alam
b.    modal
c.    produksi
d.    manusia.

Orang dikatakan makmur apabila...
a.    memiliki status sosial yang terpandang
b.    sebagian besar kebutuhannya terpenuhi
c.    memiliki penghasilan tetap
d.    uangnya banyak.

Berikut yang termasuk sumber daya alam biotik adalah...
a.    batu bara
b.    minyak bumi
c.    hutan
d.    gas alam.

Salah satu ciri homo economicus adalah...
a.    bersikap rasional
b.    dermawan
c.    pandai
d.    kaya.

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia tentang sumber daya manusia adalah...
a.    sumber daya manusia melimpah
b.    selalu dibuka pendaftaran CPNS
c.    gaji yang tinggi
d.    kualitas sumber daya manusia yang masih rendah.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

Wednesday, November 7, 2012

Kegiatan ekonomi, tindakan ekonomi, motif ekonomi, prinsip ekonomi

Kejadian-kejadian yang timbul dalam usaha manusia memenuhi kebutuhan disebut...
a.    perbuatan ekonomi
b.    peristiwa ekonomi
c.    kegiatan ekonomi
d.    tindakan ekonomi.

Berikut yang berkewajiban melestarikan sumber-sumber alam adalah...
a.    semua makhluk hidup
b.    semua orang yang membutuhkan
c.    sekelompok manusia
d.    semua manusia.

Setiap usaha yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut...
a.    perbuatan ekonomi
b.    peristiwa ekonomi
c.    kegiatan ekonomi
d.    tindakan ekonomi.

Berikut yang merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup adalah...
a.    sinar matahari
b.    air terjun
c.    udara
d.    hewan.

Golongan sumber kekayaan alam yang dapat diperbarui adalah...
a.    tumbuh-tumbuhan
b.    minyak bumi
c.    batu bara
d.    tanah.

Kegiatan manusia dalam usahanya memenuhi kebutuhan yang berlandaskan prinsip ekonomi disebut...
a.    politik ekonomi
b.    motif ekonomi
c.    peristiwa ekonomi
d.    tindakan ekonomi.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup termasuk...
a.    prinsip ekonomi
b.    perbuatan ekonomi
c.    motif ekonomi
d.    tindakan ekonomi.

Agar hubungan antara manusia dengan sumber daya alam dapat berjalan dengan baik, maka...
a.    tindakannya selalu berorientasi pada keuntungan
b.    setiap tindakannya tidak boleh menimbulkan kerugian pada pihak lain
c.    pemanfaatan sumber daya secara maksimal
d.    harus hidup seadanya.

Berikut yang termasuk sumber daya alam abiotik adalah...
a.    hutan
b.    ikan di laut
c.    kain
d.    hasil tambang.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan di Indonesia adalah dengan menerapkan proyek-proyek padat karya, artinya adalah...
a.    proyek-proyek tersebut banyak menggunakan tenaga manusia
b.    proyek-proyek tersebut banyak menghasilkan keuntungan
c.    proyek-proyek tersebut banyak menghasilkan barang dan jasa
d.    proyek-proyek tersebut banyak menggunakan mesin-mesin modern.

Tujuan akhir orang melakukan kegiatan ekonomi adalah...
a.    mencapai kepuasan
b.    pemerataan kebutuhan
c.    memperoleh barang bermutu
d.    mencapai kemakmuran.

kunjungi juga: http://matakristal.com/