Tuesday, January 1, 2013

Ilmu ekonomi, maksud ekonomi, ekonomi mikro, ekonomi makro, sistem ekonomi

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang menyelidiki cara-cara untuk mencapai kemakmuran. Setiap orang tentu ingin makmur kehidupannya. Disinilah pentingnya ilmu ekonomi dan berbagai cabang yang terkandung di dalamnya untuk mengupas dan meneliti kehidupan manusia sehari-hari dan menuangkannya dalam suatu teori ekonomi untuk memudahkan dalam menemukan cara yang paling cepat dan efektif dalam meraih kemakmuran. Itulah maksud dari ilmu ekonomi, mencari cara untuk merumuskan praktek manusia dalam mencari kemakmuran ke dalam suatu teori. Dan mencari pemecahan masalah terhambatnya pencapaian kemakmuran.

Ilmu ekonomi dibagi menjadi dua bagian besar, yaitu ilmu ekonomi mikro dan ilmu ekonomi makro. Ekonomi mikro adalah ilmu ekonomi yang cakupan bahasannya lebih kecil daripada ekonomi makro. Jika ekonomi makro membahas tentang kegiatan ekonomi suatu Negara, maka ekonomi mikro hanya membahas kegiatan ekonomi individual dalam suatu Negara.

Sistem ekonomi ada beberapa macam, diantaranya adalah ekonomi bebas atau liberal, ekonomi sosialis, dan ekonomi campuran yang terdiri dari campuran antara sistem ekonomi bebas dan sistem ekonomi sosialis. Pada kenyataannya, tidak ada sistem dalam suatu Negara yang murni ekonomi bebas atau ekonomi sosialis. Semua Negara di dunia menganut system ekonomi campuran. Hanya saja, kadar prosentase dari sistem ekonomi yang dijalankan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan. Ada yang kadar sistem ekonomi bebasnya lebih besar dari sistem ekonomi sosialis, dan begitu pula sebaliknya. Semua tergantung kebutuhan masing-masing Negara dalam usahanya untuk mencari kombinasi maksimum demi tercapainya kemakmuran Negara. Karena semua teori ilmu ekonomi itu memang dimaksudkan untuk mencari dan mencapai kemakmuran individu dan Negara.

kunjungi juga: http://matakristal.com/

1 comment:

  1. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya mahasiswa fakultas Ekonomi :)

    ReplyDelete