Thursday, May 16, 2013

Pembuluh darah

Darah mengalir ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung disebut pembuluh nadi atau pembuluh arteri. Pembuluh nadi paling besar yang keluar dari bilik kiri jantung disebut pembuluh aorta. Sedangkan pembuluh darah yang membawa darah kembali ke jantung disebut pembuluh vena atau pembuluh balik. Di dalam tubuh, arteri dan vena bercabang-cabang yang semakin lama semakin kecil. Pembuluh darah yang paling kecil dan menghubungkan pembuluh vena dengan pembuluh arteri disebut pembuluh kapiler atau pembuluh rambut.

Dalam satu peredaran lengkap, darah melalui jantung sebanyak dua kali. Oleh karena itu, peredaran darah manusia dinamakan peredaran darah rangkap yang meliputi:
-    Peredaran darah kecil, yaitu darah mengalir dari jantung menuju paru-paru dan kembali ke jantung. Dari bilik kanan jantung darah kotor mengalir melalui arteri paru-paru menuju ke paru-paru. Di paru-paru darah melepas karbondioksida dan uap air serta mengikat oksigen. Dari paru-paru, darah bersih melalui vena paru-paru menuju ke serambi kiri lalu darah dipompa ke bilik kiri.
-    Peredaran darah besar, yaitu darah mengalir dari jantung menuju ke seluruh tubuh (kecuali paru-paru) lalu kembali ke jantung. Dari bilik kiri, darah bersih mengalir melalui aorta menuju ke seluruh tubuh. Di sel-sel tubuh darah melepas oksigen serta mengikat karbondioksida dan uap air. Dari seluruh tubuh, darah kotor mengalir melalui vena menuju ke serambi kanan lalu dipompa ke bilik kanan.

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting. Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kesehatan jantung dengan cara sebagai berikut:
-    Berolahraga teratur
-    Tidak merokok
-    Menghindari makanan yang banyak mengandung lemak atau kolesterol
-    Tidak minum kopi
-    Tidak minum minuman beralkohol atau minuman keras
-    Tidak mengonsumsi narkoba.

No comments:

Post a Comment