Tuesday, May 28, 2013

Pengertian dinamika kelompok sosial

Kelompok sosial tidak ada yang bersifat stagnan (tetap) karena setiap kelompok sosial tentu mengalami perkembangan dan perubahan. Dalam sosiologi, perubahan dan perkembangan kelompok sosial ini dikenal dengan istilah dinamika kelompok sosial. Secara umum, dinamika kelompok sosial diartikan sebagai perubahan dan perkembangan suatu kelompok yang memengaruhi pola perilaku kolektif melalui interelasi yang terjadi antara anggota kelompok.

Dinamika kelompok sosial terjadi tidak dengan sendirinya. Namun, berlangsungnya dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik dari dalam kelompok maupun dari luar kelompok. Selain itu, dinamika kelompok sosial berlangsung melalui proses yang panjang, baik dalam kelompok keluarga, kekerabatan, okupasional, volunter, masyarakat desa, maupun masyarakat kota.

Terbentuknya kelompok sosial akan menyebabkan terjadinya pengelompokan-pengelompokan masyarakat dalam beberapa golongan. Akibatnya, akan muncul penguatan kualitas kelompok sehingga mempertajam prasangka atau sikap saling mencurigai antarkelompok sosial. Hal itu memunculkan permasalahan baru di tengah-tengah masyarakat.

Perubahan kondisi yang ada pada kelompok sosial menggambarkan bahwa di dalam kelompok sosial telah terjadi dinamika. Dinamika kelompok sosial berbeda-beda untuk setiap kelompok. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor interaksi yang terjalin di antara anggota kelompok dalam mencapai tujuannya. Selain itu, dinamika kelompok sosial dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diserap oleh anggota kelompok sosial tersebut. Hingga pada akhirnya, dinamika yang terjadi akan membawa kelompok sosial pada keserasian tata hubungan serta efektivitas dalam memperoleh pemenuhan kebutuhan.

No comments:

Post a Comment