Tuesday, May 28, 2013

Pengertian modernisasi

Modernisasi adalah sebuah tren yang dilekatkan pada kekuatan manusia untuk membuat, mengimprovisasi, dan membentuk ulang lingkungan mereka. Modernisasi dilakukan melalui pengetahuan sains, teknologi, dan pengalaman praktis. Modernisasi berkembang pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20. Secara umum, modernisme tidak hanya disebabkan oleh perkembangan industri di Inggris yang memicu perkembangan teknologi, namun juga mencakup arsitektur, musik, literatur, klan kesenian lain yang terpusat di Prancis.

Modernisasi juga dilekatkan pada konsep kapitalisme. Hal ini karena keduanya saling mendukung satu dengan yang lain. Kapitalisme adalah sistem ekonomi di mana barang produksi menjadi hal yang paling pribadi serta modal diinvestasikan dalam produksi, distribusi, pertukaran barang, servis, serta keuntungan dalam pasar bebas. Hal ini sesuai dengan paham modernisasi yang menekankan kepada kemampuan manusia untuk mengubah lingkungannya melalui kekuatannya sendiri.

Secara sosiologis terutama dalam paradigma klasik, Karl Marx melekatkan modernisme dengan kapitalisme. Ia mengatakan bahwa modernisme yang dipicu oleh perkembangan industri di Inggris menyebabkan timbulnya paham kapitalisme. Paham itu membentuk hubungan antara buruh dan pemilik modal berdasarkan relasi ekonomi.

Modernisasi sendiri jika dikaitkan dengan isu multikultural dapat dipahami melalui contoh kelompok-kelompok agama yang mencoba mengembangkan relasi sosial dan pemaknaan mereka terhadap agama tertentu melalui situs-situs di internet. Kondisi ini dapat dipahami bahwa kelompok agama sebagai bagian dari multikulturalisme mencoba mengikuti perkembangan zaman dengan menggunakan teknologi modern seperti internet.

No comments:

Post a Comment