Friday, June 21, 2013

Pengertian resensi buku

Resensi buku merupakan pertimbangan atau ulasan tentang sebuah buku. Dalam membuat resensi buku, kita perlu melakukan penilaian terhadap kualitas buku ditinjau dari berbagai segi. Penilaian yang dilakukan didasarkan pada argumentasi dan bukti yang dapat dipertanggungjawabkan. Secara umum resensi buku adalah untuk memberi tahu kepada pembaca perihal buku-buku baru dan ulasan tentang kelebihan maupun kekurangan buku tersebut.

Berikut yang perlu diperhatikan saat meresensi buku:
a.    Mengenai identitas buku. Identitas buku meliputi hal-hal berikut:
-    Judul buku
-    Tebal buku
-    Pengarang atau penulis
-    Ukuran buku
-    Penerbit
-    Jenis kertas buku
-    Kota terbit
-    Nomor ISSBN
-    Tahun terbit.

b.    Bagian fisik buku
Bagian fisik buku yang perlu dicantumkan mencakup beberapa hal: judul, penulis atau editor, penerjemah (jika buku terjemahan), penerbit, tebal buku (bagian awal dan bagian inti). Bagian ini dikemukakan pada bagian awal.

c.    Bagian isi buku. Ulasan bagian isi buku mencakup hal-hal berikut:
-    Tujuan penulisan buku. Tujuan penulisan buku terdapat pada bagian kata pengantar atau bagian pendahuluan buku
-    Isi umum. Isi umum buku terdapat pada daftar isi dan pendahuluan
-    Penilaian kualitas isi. Dasar penilaian biasanya menggunakan kriteria kekurangan dan kelebihan. Kualitas isi buku juga disampaikan dengan membandingkannya dengan buku yang lain, baik yang ditulis oleh pengarang yang sama maupun oleh pengarang yang lain.

d.    Bahasa
Unsur bahasa yang diulas mencakup kelancaran bahasa, kata-kata yang digunakan, kalimat yang digunakan, gaya penyajian, dan keluwesan pemakaiannya.

e.    Organisasi
Organisasi buku berkaitan dengan cara-cara pengaturan isi buku. Organisasi dapat diulas dari segi kepaduan, urutan, kerunutan, kelogisan, dan kesistematisan.

No comments:

Post a Comment