Tuesday, June 11, 2013

Pentingnya hubungan internasional

Seperti seorang manusia, suatu negara pun tidak mungkin dapat hidup dan mempertahankan kelangsungan hidupnya tanpa membuka diri dan bekerjasama ataupun ikut serta dalam pergaulan antarbangsa (internasional), sekalipun negara tersebut negara super power atau negara yang sangat kaya.

Bila suatu negara tidak membuka diri dan melibatkan diri dalam pergaulan internasional, maka negara tersebut tidak akan mampu mempertahankan keberadaannya dan kelangsungan hidupnya. Akhirnya, negara tersebut tidak dapat berkembang dengan baik, apalagi untuk mencapai cita-cita dan tujuan bangsanya. Hal tersebut dikarenakan suatu negara tidak mungkin dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan dan kepentingan negaranya sendiri tanpa bantuan dari negara lain.

Agar suatu negara dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, maka negara tersebut harus mau dan mampu bergaul dengan baik dengan bangsa-bangsa dan negara-negara lain. Oleh sebab itu, pergaulan tersebut harus membawa dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kelangsungan dan perkembangan negaranya.

Negara menetapkan kebijakan politik luar negerinya untuk mencapai kepentingan nasional negaranya yang pada akhirnya digunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dalam mencapai cita-cita bangsa tersebut.

Kebijakan politik luar negeri dapat dilakukan dengan beberapa sarana, yaitu Perjanjian Internasional atau menjadi anggota ke dalam organisasi internasional serta pengiriman perwakilan diplomatik.

Kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, hampir semua negara telah mengadakan hubungan kerja sama dalam lingkup internasional.

Tetapi, harus diakui bahwa pertumbuhan ekonomi antara berbagai negara di dunia tidak berimbang sebagian lainnya berusaha untuk mengembangkan ekonominya sedangkan yang lain masih terhimpit kemiskinan.

Mengingat latar belakang terjadinya hubungan internasional antarnegara itu berbeda-beda, maka terjadilah pengelompokan bentuk hubungan internasional. Dalam bidang perdagangan, misalnya kita mengenal World Trade Organization (WTO) dan Group of 8 (Kelompok 8 negara industri maju). Sementara di bidang pertahanan, negara-negara Eropa dan Amerika Serikat membentuk North Atlantic Treaty Organization (NATO).

No comments:

Post a Comment