Sunday, August 18, 2013

Perkembangbiakan generatif

Perkembangbiakan generatif dilakukan dengan menggunakan sel-sel kelamin. Alat perkembangbiakan generatif melalui penyerbukan dan pembuahan. Bunga yang lengkap mempunyai bagian-bagian:
-    Perhiasan bunga, yaitu kelopak bunga dan mahkota bunga
-    Alat kelamin jantan, yaitu benang sari yang terdiri dari tangkai sari dan kepala sari. Di dalam kepala sari terdapat butir-butir serbuk sari
-    Alat kelamin betina, yaitu putik yang terdiri dari tangkai putik, kepala putik, dan bakal buah. Di dalam bakal buah terdapat bakal biji. Di dalam bakal biji terdapat kandung lembaga dan sel telur.

Penyerbukan terjadi bila serbuk sari jatuh di kepala putik. Selanjutnya serbuk sari akan tumbuh menjadi buluh serbuk sari yang di dalamnya terbentuk sel kelamin jantan. Buluh serbuk sari akan melalui tangkai putik menuju ke bakal biji. Bila sel kelamin jantan dapat bersatu dengan sel telur (di dalam bakal biji), maka terjadilah pembuahan. Penyerbukan dapat terjadi karena hembusan angin, serangga, air, dan manusia.

Hewan-hewan yang bertelur menghasilkan suatu sel telur yang terbungkus oleh bagian yang lain. Jika sebelum keluar dari induknya, sel telur bertemu sel kelamin jantan, maka sel telur itu mengalami pembuahan. Sel telur yang telah dibuahi disebut zigot. Telur yang sudah dibuahi jika dierami akan menjadi anak hewan tersebut. Pengeraman ada yang dilakukan di dalam maupun di luar tubuh induknya. Bila telur tidak dibuahi, maka telur tersebut tidak akan menetas sekalipun dierami.

No comments:

Post a Comment