Saturday, August 17, 2013

Vegetatif buatan

Jenis Vegetatif buatan
1.    Stek. Batang sengaja dipotong-potong untuk dijadikan bibit. Contoh: beluntas, kembang sepatu, dan kaktus. Selain stek batang, ada juga stek daun. Contohnya cocor bebek.
2.    Cangkokan. Seperti stek, hanya saja batang baru dipotong setelah dipaksa berakar. Caranya dahan dikupas melingkar selebar kurang lebih 5 cm, lendir dibersihkan, ditutup dengan tanah dan dibalut sabut serta disiram secara teratur. Jika akar sudah tumbuh, cangkokan dipotong dan ditanam di tempat lain. Dari satu batang tidak boleh dibuat cangkokan terlalu banyak. Hanya pada tumbuhan dikotil dan tumbuhan berbiji terbuka.
3.    Okulasi (menempel). Tanaman yang akan ditempel pertumbuhannya harus kuat (ditanam dari biji), tahan penyakit dan sejenis dengan tumbuhan induk. Batang yang sebesar ibu jari dikupas kulitnya pada mata atau kuncup berbentuk persegi panjang, dan ditempel dengan irisan kulit tumbuhan induk yang ada mata kuncupnya, kemudian diikat erat. Jika kuncup sudah tampak akan bertunas, sebagian batang di atas tempelan dipotong agar kuncup cepat tumbuh. Tumbuhan induk harus dipilih yang mempunyai sifat-sifat baik. Contoh tanaman yang ditanam secara okulasi antara lain mangga, jeruk, dan rambutan.
4.    Mengenten (menyambung). Mirip okulasi. Batang bawah dipotong, ke dalamnya dijepitkan cabang dari tanaman lain yang pangkalnya dibentuk serupa pasak. Okulasi dan enten dilakukan untuk memperoleh bibit yang banyak tanpa menimbulkan kerusakan yang terlalu besar pada tanaman induk. Pada okulasi dan enten dapat dikombinasikan sifat-sifat yang baik pada dua tumbuhan. Contoh tanaman yang ditanam secara enten antara lain singkong dan kopi.
5.    Merunduk. Selada air dikembangkan dengan cara merunduk. Bagian batangnya dirundukkan lalu ditimbuni tanah. Beberapa waktu kemudian keluarlah akar pada bagian yang merunduk. Bila akarnya sudah kuat, bagian yang merunduk dapat dipotong dan ditanam terpisah dari induknya. Selain selada air, tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan cara merunduk adalah anyelir dan alamanda.

Keuntungan dari perkembangbiakan vegetatif antara lain:
a.    Sifat-sifat tanaman baru sama dengan induknya
b.    Tanaman baru yang dihasilkan lebih cepat berubah dan memberikan hasil.

No comments:

Post a Comment