Saturday, September 28, 2013

Pengertian usaha dan daya

Dalam kehidupan sehari-hari kata usaha sangat identik dengan kerja sehingga pengertian usaha dapat diartikan sebagai kerja.
Orang mendorong gerobak, dikatakan orang itu melakukan kerja. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa suatu benda dikatakan melakukan usaha jika pada benda bekerja gaya dan selama itu kedudukan benda berpindah tempat.
 Seekor kuda menarik kereta sehingga kereta mengalami perubahan kedudukan berarti kuda tersebut melakukan kerja untuk menarik kereta.
Dalam ilmu fisika pengertian usaha diartikan sebagai hasil kali antara gaya yang bekerja pada benda dengan perpindahan benda tersebut.

Gaya tegak lurus dengan perpindahan benda. Bila ada gaya tegak lurus dengan perpindahan benda rnaka besar usahanya sama dengan nol (0).
Misalnya:
a) Seorang lifter menahan barbel agar tidak jatuh
2) Ada gaya tetapi tidak ada perpindahan maka besar usahanya sama dengan nol (0).
b) Pedagang yang memikul dagangannya, dan lain-lain
c) Seorang anak memanggul batu
Misalnya:
a) Anak mendorong dinding
b) Kuda menarik pohon besar
3) Tidak ada gaya namun ada perpindahan, maka besar usahanya juga sama dengan nol (0). Misalnya: anak naik sepeda di jalan menurun, tanpa mengayuh pedalnya sepeda meluncur.
4) Ada dua gaya besarnya sama dan arahnya saling berlawanan maka besar usaha juga sama dengan 0 (nol) atau usahanya dikatakan sia-sia.

Pengertian Daya
Daya merupakan suatu besaran usaha tiap-tiap satu satuan waktu dan besarnya sebanding dengan besarnya usaha dan berbanding terbalik dengan waktu.
Dalam sistem satuan Internasional besaran daya dinyatakan dalam satuan "watt" dan satuan-satuan daya yang lain.

No comments:

Post a Comment