Wednesday, December 11, 2013

Pengertian kebudayaan

Kebudayaan berkaitan erat dengan komunitas masyarakat. Kebudayaan akan menentukan eksistensi dari masyarakat itu sendiri. Bisa dibilang, kebudayaan merupakan suatu pedoman hidup dari suatu masyarakat sehingga apa yang ada dan apa yang berlaku di suatu masyarakat tergantung daripada kebudayaan yang dimilikinya. Eksistensi kebudayaan terjadi secara turun-temurun dan sangat sulit untuk memahami bagaimana dan kapan kebudayaan tersebut mulai berlaku di masyarakat. Warga masyarakat hanya mengikuti apa yang di ajarkan oleh warga masyarakat lain yang lebih tua dan seringkali mempercayainya begitu saja tanpa banyak mempertanyakan eksistensi kebudayaan tersebut.

Kepatuhan masyarakat terhadap suatu kebudayaan seringkali terjadi secara buta. Mereka percaya bahwa tujuan dari adanya kebudayaan yang diturunkan oleh generasi sebelum mereka adalah untuk kebaikan hidup mereka sendiri. Walaupun secara rasional, mungkin, kebudayaan tersebut sulit untuk diterima secara nalar. Jadi, disini, secara tidak langsung, kebudayaan mempunyai sifat yang cenderung memaksa.

Kebudayaan mempunyai banyak nilai-nilai sosial, ilmu dan pengetahuan, serta unsur-unsur lain yang berhubungan dengan agama, struktur sosial, dan lain sebagainya. Kebudayaan mempunyai unsur ilmu pengetahuan dan kearifan lokal yang berkembang secara turun temurun dan dijadikan sebagai pedoman kehidupan bermasyarakat. Intelektualitas dari suatu kebudayaan mempunyai sifat yang cenderung tradisional dan mengakar sangat kuat sekali dalam pola kehidupan masyarakat. Sehingga seringkali warga masyarakat yang bersangkutan tidak mampu menjelaskan tentang kebudayaannya sendiri padahal kebudayaan tersebut dia praktekkan dalam kehidupannya sehari-hari. Jadi, kebudayaan merupakan pola kehidupan yang sudah tertanam kuat dalam diri masyarakat.

No comments:

Post a Comment